Apa
itu Manajemen Bisnis? – Manajemen bisnis adalah
pembelajaran yang sering kali ditemukan dimata kuliah yang sedang ditempuh
dalam jurusan-jurusan yang berkaitan dengan manajemen atau sistem informasi
manajemen dll, didalam pengelolaan sebuah usaha perorangan maupun industri
perusahaan kecil maupun besar pasti memiliki sebuah manajemen untuk mengurusi,
mengendalikan dan mengelola apa yang ada didalam perusahaannya,dengan adanya
sebuah manajemen didalam perusahaan maka sebuah bisnis dapat terorganisir
dengan rinci.
Manajemen merupakan
suatu kegiatan dalam mengarahkan pihak lainnya. Tujuannya tidak lain adalah
untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Proses yang dilakukan dalam
sebuah manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan lainnya adalah
kontrol atau mengelola. Lalu, apakah tujuan dan fungsi dari manajemen bisnis
ini.
Pengertian
Manajemen Bisnis
Pengertian manajemen
bisnis sendiri adalah suatu kegiatan dalam merencanakan, mengelola, merancang
dan mengoperasikan didalam sebuah usaha atau bisnis didalam perusahaan.
Mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk
mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil
pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju sebuah usaha tersebut
mempunyai target dan dapat memenuhinya.
Fungsi
dan Tujuan Manajemen Bisnis
Berikut adalah fungsi
manajemen bisnis :
1 Planning (Perencanaan)
Dalam
fungsi ini, manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang hendak
dicapai oleh organisasi, lalu merencanakan cara terbaik demi mencapai tujuan
tersebut. Tergantung dari skala perusahaan, perencanaan ini bisa biasanya
dilakukan selama beberpa kali, yakni untuk kepentingan perusahaan secara
keseluruhan dan di breakdown lagi secara lebih detail untuk masing2 divisi.
Biasanya, manajer akan mengevaluasi berbagai alternative rencana sebelum
memilih rencana apa yang dipilih dan paling cocok diterapkan untuk mencapai
tujuan perusahaan.
Perencanaan
bisa dibilang merupakan basis terpenting dari keseluruhan proses manajemen
bisnis. Anggaplah perencanaan sebagai pondasi rumah yang harus dibangun secara
kuat. Tanpa adanya perencanaan yang matang dan detail, bisa2 proses bisnis anda
tak akan berjalan sesuai harapan.
2 Organizing (Pengorganisasian)
Setelah
melakukan perencanaan secara matang, saatnya mengubah rencana tersebut menjadi
susuatu yang nyata. Namun, untuk itu perlu memastikan agar tugas atau kegiatan
tertentu dikerjakan oleh orang2 yang tepat, disinilah fungsi pengorganisasian akan
membantu anda. Biasanya, pengorganisasian diperusahaan dibagi berdasarkan fungsi pokok, misalnya seperti
pemasaran, akuntansi, produk, administrasi, dan sebagainya.
Setiap
fungsi pokok tersebut idealnya diketahui oleh masing2 manajer yang bertanggung
jawab kepada direktur utama. Pengorganisasian juga dapat dilakukan dengan
menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus dikerjakan, siapa
yang harus mengerjakannya, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut,
hingga pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3 Directing (Pengarahan)
Pada
tahap ini, setiap anggota tim idealnya sudah mengetahui apa yang harus mereka
kerjakan demi mencapai tujuan perusahaan. Meski begitu, mereka tetap
membutuhkan dorongan agar bisa terus termotivasi untuk bekerja. Disinilah
fungsi pengarahan dalam manajemen sangat dibutuhkan. Biasanya peran directing
ini dilakukan oleh seorang manajer di masing2 divisi. Mereka akan melakukan
pengarahan melalui metode influencing dan motivating.
4 Controlling (Pengendalian)
Pada
tahap ini, agar setiap proses dalam manajemen berjalan optimal dan sesuai
rencana, maka perlu diberlakukan fungsi pengendalian meliputi empat kegiatan,
yaitu untuk menentukan standar prestasi, mengukur prestasi yang telah dicapai,
membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi, serta
melakukan perbaikan apabila ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah
ditentukan.
No comments