Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian Komputer, Sejarah dan Fungsinya

Share:

Dijaman sekarang yang pastinya sudah canggih seperti saat ini, tidak ada yang tidak kenal lagi dengan yang namanya komputer, iya kan hehe, sekarang ini komputer sudah banyak sekali dipergunakan diberbagai bidang pekerjaan seperti dikantor, sekolahan atau instansi2 lainnya tentu dengan adanya komputer disaat ini dapat mempermudah pekerjaan yang tadinya masih menggunakan pekerjaan manual atau dikerjakan dengan tangan, sekarang dikerjakan dengan menggunakan sistem yang sudah ada didalam fitur komputer dan akan terasa sedemikian mudah dan dapat menghemat waktu, nah langsung saja masbro dari basabasi diatas kali ini saya akan memberikan informasi seputar pengertian komputer, sejarah dan fungsinya. 
 Hasil gambar untuk pengertian komputer

Pengertian Komputer
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang didesain sedemikian rupa untuk mengolah informasi. Kata komputer sendiri merupakan istilah latin yang berasal dari kata “computare”, yang berarti adalah menghitung atau sebuah mesin yang dapat diprogram.
Dengan kata lain, komputer adalah sebuah alat yang dapat memproses informasi. Komputer berfungsi untuk menampung sebuah data atau informasi, kemudian data tersebut disimpan, diolah sedemikian rupa, kemudian hasilnya dikeluarkan saat diperlukan. Semua proses ini mempunyai nama yang umum digunakan dalam dunia komputer.
Sedangkan menurut beberapa para ahli pengertian komputer adalah :

a.       Pengertian komputer menurut (Robert H. Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
b.      Pengertian komputer menurut (V.C. Hamacher et al)
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan meenghasilkan output informasi.
c.       Pengertian komputer menurut (Elias M awad)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta  dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem informasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).
d.      Pengertian komputer menurut (Larry Long & Nancy Long)
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.
e.       Pengertian komputer menurut (Williams, Sawyer)
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.
f.       Pengertian komputer menurut (William M. Fuori)

Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara tepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Pengertian2 diatas merupakan penjelasan menurut para ahli di bidangnya, bisa anda simpulkan sendiri pengertian komputer yang dikemukakan para ahli sehingga bisa dijadikan rangkuman dan uraian menurut pengertian sobat-sobat sendiri.

Sejarah Komputer
Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, tiap generasi ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk membuat komputer tersebut beroperasi. Dari tiap teknologi pengembangan ini menghasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efisien dan tangguh. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih detail sejarah komputer beserta perkembangannya mulai dari komputer generasi pertama hingga sekarang:

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum


















Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja.
ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan berat hingga 30 ton.
Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis, yaitu sekitar satu juta dollar.
Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor

























Teknologi transistor menjadi awal kemunculan komputer generasi kedua, yang menggantikan peran dari tabung vakum pada komputer generasi pertama. Perkembangan transistor melambangkan peningkatan teknologi dimasa itu.
Bila dibandingkan dengan tabung vakum, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sebagai hasilnya, transistor mampu menciptakan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Pada komputer generasi ini juga mengalami perkembangan pada bahasa pemrograman yang dimilikinya. Bahasa mesin yang dulunya digunakan kini digantikan dengan bahasa assembly atau yang biasa juga disebut bahasa simbolik. Hal ini berarti programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan seperti Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman ini meberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971) Sirkuit Terintegrasi



























Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen komputer. Transistor pada generasi ini telah di miniaturkan dan ditaruh pada IC, satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor.

IC pertama kali dkembangkan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang mana kemudian dianugrahkan hadiah nobel atas penemuannya tersebut. Bagaimana tidak, dengan penemuannya tersebut memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan dan efisiensi dari sebuah komputer, serta membuat komputer di generasi ini jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.
Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi, sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan kertas berlubang.
Sebagai hasil dari pengembangan teknologi tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau untuk public karena harganya yang lebih murah dan ukuran yang lebih kecil.


Komputer Generasi Keempat (1971- sekarang) Microprocessor



















Ini adalah generasi dimana anda berada sekarang, komputer yang anda lihat disekeliling anda merupakan komputer dari generasi keempat, “Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.
Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan.
Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat peningkatan yang terjadi pada komputer di generasi ini melahirkan ide untuk meciptakan sebuah jaringan komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut laptop.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan) Kecerdasan Buatan


















Komputer generasi kelima memiliki teknologi berdasarkan kecerdasan buatan, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan. Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.
Komputer kuantum, molekuler dan nanoteknologi menjadi kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan memiliki kecerdasan layakanya kecerdasan pada manusia.
Setelah membaca sejarah komputer diatas beserta perbandingannya dari tiap generasi tentu membuat anda kagum atas pencapaian yang telah terjadi, maksud saya coba saja anda bayangkan bila komputer saat ini masih sebesar komputer generasi pertama, bisa anda bayangkan seberapa besar bangunan yang dibutuhkan oleh sebuah kantor untuk menyimpan beberapa komputer? Sungguh hal yang diluar nalar!
Fungsi Komputer
Komputer masa kini memiliki fungsi yang beragam dan semakin kompleks. Setiap orang yang ditanyai fungsi komputer tentu memiliki jawaban yang berbeda. Ada yang menggunakan komputer sebagai media untuk berkomunikasi, ada yang memakainya untuk memudahkan pekerjaannya, ada yang memakainya untuk belajar, untuk kegiatan bisnis, dan juga sebagai sarana hiburan contohnya untuk bermain game. Namun sebenarnya komputer memiliki 4 fungsi utama, yaitu :
1.      Input
Fungsi pertama adalah input, yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudah dari fungsi ini adalah informasi dari ketikan keyboard atau klik mouse. Komputer juga bisa mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain.
2.      Processing
Fungsi utama dari komputer adalah melakukan pemrosesan. Yang diproses adalah berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input. Kemudian data yang tersimpan dalam memori internal akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output.
3.      Output
Setelah diproses, informasi yang dihasilkan akan menjalankan fungsi output. Hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya. Contoh dari perangkat output adalah monitor komputer, printer dan speaker. Perangkat tersebut yang menyajikan output dari komputer untuk dimanfaatkan oleh pengguna atau perangkat lain.
4.      Storage
Fungsi komputer yang terakhir adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Ada yang disimpan dalam memori utama komputer, ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga bisa dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi. Data instruksi inilah yang biasanya dikenal dengan sebutan program atau software komputer.

8 comments: