Apa itu Analisa SWOT ?
Analisis
SWOT adalah suatu metode perencanaan startegis untuk menganalisa , seperti
suatu sistem yang terdapat didalam perusahaan atau sistem-sistem akademik, dan
sistem-sistem dipemerintahan dsb.
SWOT
adalah singkatan dari Strenght (kekuatan),Weakness (kelemahan), Opportunities
(peluang), dan Threats (ancaman). Kekuatan dan kelemahan adalah faktor internal
dan peluang dan ancaman adalah faktor eksternal. Diagram SWOT menganalisis
proyek atau usaha bisnis dengan berfokus pada masing-masing faktor ini. Biasanya
terdiri dari empat kotak, satu untuk setiap area, tetapi bentuk yang tepat
dapat bervariasi tergantung pada desain.
Diagram
SWOT dapat sangat berguna ketika mencoba memutuskan apakah atau tidak untuk
memulai usaha atau strategi tertentu dengan memvisualisasikan pro dan kontra.
Dengan menguraikan secara jelas semua hal positif dan negatif dari sebuah
proyek, analisis SWOT membuatnya lebih mudah untuk memutuskan apakah akan
melangkah maju atau tidak.
Menurut
Para ahli :
Analisis
SWOT adalah analisis yang berdasarkan pada anggapan bahwa suatu strategi yang
efektif berasal dari sumber daya internal (strength dan weakness) dan eksternal
(opportunity dan threat). Keuntungan dari analisis SWOT adalah menghubungkan
faktor internal dan eksternal untuk merangsang strategi baru, oleh karena itu
perencanaan yang berdasarkan pada sumber daya dan kompetensi dapat memperkaya
analisis SWOT dengan mengembangkan perspektif internal (Dyson, 2002).
Analisis SWOT adalah penilaian menyeluruh terhadap
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) suatu perusahaan. Analisis ini diperlukan untuk menentukan
beberapa strategi yang ada di perusahaan. Salah satunya yang kita bahas adalah
strategi promosi dan penempatan produk (Kotler & Armstrong, 2008 : 64).
SWOT
digunakan untuk menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan dari
sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan kesempatan-kesempatan eksternal
dan tantangan-tantangan yang dihadapi (Jogiyanto : 2005 :46).
Berikut ini merupakan
penjelasan SWOT (David,Fred R.,2005:47) yaitu :
1. Kekuatan (Strenghts)
Kekuatan adalah sumber daya, keterampilan, atau keungulan-keungulan lain yang berhubungan dengan para pesaing perusahaan dan kebutuhan pasar yang dapat dilayani oleh perusahaan yang diharapkan dapat dilayani. Kekuatan adalah kompetisi khusus yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan di pasar
2. Kelemahan (Weakness)
Kelemahan adalah keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja perusahaan. Keterbatasan tersebut daoat berupa fasilitas, sumber daya keuangan,kemampuan manajemen dan keterampilan pemasaran dapat meruoakan sumber dari kelemahan perusahaan.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang adalah situasi penting yang mengguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecendrungan – kecendrungan penting merupakan salah satu sumber peluang, seperti perubahaan teknologi dan meningkatnya hubungan antara perusahaan dengan pembeli atau pemasokk merupakan gambaran peluang bagi perusahaan.
4. Ancaman (Threats)
Ancaman adalah situasi penting yang tidak menguntungan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.
1. Kekuatan (Strenghts)
Kekuatan adalah sumber daya, keterampilan, atau keungulan-keungulan lain yang berhubungan dengan para pesaing perusahaan dan kebutuhan pasar yang dapat dilayani oleh perusahaan yang diharapkan dapat dilayani. Kekuatan adalah kompetisi khusus yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan di pasar
2. Kelemahan (Weakness)
Kelemahan adalah keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja perusahaan. Keterbatasan tersebut daoat berupa fasilitas, sumber daya keuangan,kemampuan manajemen dan keterampilan pemasaran dapat meruoakan sumber dari kelemahan perusahaan.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang adalah situasi penting yang mengguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecendrungan – kecendrungan penting merupakan salah satu sumber peluang, seperti perubahaan teknologi dan meningkatnya hubungan antara perusahaan dengan pembeli atau pemasokk merupakan gambaran peluang bagi perusahaan.
4. Ancaman (Threats)
Ancaman adalah situasi penting yang tidak menguntungan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.
TUJUAN, MANFAAT, DAN
FUNGSI ANALISIS SWOT :
1. Tujuan Analisis
SWOT
Analisis SWOT
mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan
ancaman (threats) yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan
perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang
dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah
terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan
sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi
dan visinya.
Maka tujuan analisis
SWOT pada perusahaan adalah untuk membenarkan faktor-faktor internal dan
eksternal perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan,
agar perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah
untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu
juga pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi
kekuatan serta mengatasi ancaman menjadi peluang.
2. Manfaat Analisis SWOT
Analisis SWOT bermanfaat
apabila telah secara jelas ditentukan dalam bisnis apa perusahaan beroprasi,
dan arah mana perusahaan menuju ke masa depan serta ukuran apa saja yang
digunakan untuk menilai keberhasilan manajemen dalam menjalankan misinya
dan mewujudkan visinya. Manfaat dari analisis SWOT adalah merupakan strategi
bagi para stakeholder untuk menetapkan sarana-sarana saat ini atau
kedepan terhadap kualitas internal maupun eksternal.
3. Fungsi Analisa SWOT
Ketika suatu perusahan
mengorbitkan suatu produk tentunya pasti telah mengalami proses penganalisaan
terlebih dahulu oleh tim teknis corporate plan. Sebagian dari
pekerjaan perencanaan strategi terfokus kepada apakah perusahaan mempunyai
sumber daya dan kapabilitas memadai untuk menjalankan misinya dan mewujudkan
visinya. Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu perusahaan untuk
tetap menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru. Sedangkan penilaian
yang jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme
pada rencana-rencana yang akan dibuat perusahaan.
Maka, fungsi dari
analisis SWOT adalah untuk menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan yang
dimiliki perusahaan yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi internal
perusahaan, serta analisa mengenai peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan
yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi eksternal perusahaan.
No comments